[Resep] Bumbu Nasi Ulam Betawi Komplit - Gurih Yummy

Beras sendiri berisikan berbagai jenis, mulai dari beras ketan yang sering digunakan selaku bahan pembuat kue, beras merah, dan beras putih. Pada lazimnya yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia seharihari yakni beras putih. Pengolahan beras tak melulu hanya sekedar menjadi nasi biasa, banyak juga masyarakat Indonesia yang mengolahnya dengan mencampurkan beras bersama bahan-materi lain yang menciptakan olahan nasi yang lebih gurih dan lezat. Contoh pengolahan kreasi nasi antara lain nasi goreng, nasi ulam, nasi uduk, nasi kuning dan masih banyak lagi.
 Beras sendiri terdiri dari berbagai jenis [Resep] Bumbu Nasi Ulam Betawi Komplit - Gurih Lezat
Sama halnya dengan masyarakat Betawi yang mengolah nasi menjadi Nasi Ulam. Nasi Ulam ini ialah bentuk kreasi olahan nasi yang memadukan nasi dengan kalapa parut sangrai dan terasi. Memasak Nasi Ulam ini lewat tahap pengukusan dengan alat pengukusan tradisional berupa corong krucut.. Nasi Ulam memiliki rasa yang gurih dan lazimnya disantap bareng pepes teri, lalapan dan sambal. Bunda ingin tahu cara menciptakan Nasi Ulam khas BEtawi secera lengkap? Segera saja penulis hadirkan resep Nasi Ulam khas Betawi berikut ini.

Resep Bumbu Nasi Ulam Betawi Komplit - Gurih Lezat

A) Bahan

  • Beras putih ( 300 gram
  • Kelapa parut sangrai ( 50 gram )
  • Air panas ( 600 ml )
  • Daun pisang untuk bantalan kukus seperlunya


B) Bumbu

  • Jinten sangrai ( 1/4 sednok teh )
  • Terasi matang ( 1/4 sendok teh )
  • Daun salam ( 3lembar )
  • Serai ( 2 batang )
  • Garam secukupnya


C) Cara Memasak

  1. Memarkan batang serai.
  2. Haluskan jinten sangrai dan terasi matang.
  3. Cuci beras sampai benar-benar berih lalu tiriskan. Kemudian rendam dalam air secukupnya selama 40 menit. Setelah itu tiriskan kembali.
  4. Siapkan corong krucut pengukus dan dandang. Alasi krucutnya dengan daun pisang.
  5. Tuangkan beras ke dalam kukusan krucut. Kukus sampai setengah matang. Angkat.
  6. Biarkan masih dalam krucut kukusan, kemudian siram dengan air panas. Kemudian beri garam dan aduk rata. Tambahkan daun salam dan batang serai ke dalam beras. Selanjutnya kukus kembali beras hingga matang. Angkat.
  7. Nasi yang telah matang diangkat, tuangkan dalam ember nasi. Tambahkan kepala parut sangrai ke dalam nasi, aduk rata. Setelah itu tambahkan jinten dan terasi yang sudah dihaluskan tadi ke dalam nasi, dan aduk rata.
  8. Ambil cetakan nasi, masukkan nasi ulam ke dalam cetakan. Tuangkan ke piring dan tambahkan pepes teri disamping nasi. Dan jikalau suka tambahkan lalapan dan sambal.
  9. Nasi Ulam juga dapat dinikmati dengan aneka lauk lain.

Sekian beberapa langkah atau Resep Bumbu Nasi Ulam Betawi Komplit - Gurih Lezat gampang dan mampu Anda buat dirumah.

Sumber https://kulinerkan.blogspot.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama