[Resep] Cara Menciptakan Asinan Betawi / Jakarta Lezat Dan Gurih

Resep Cara Membuat Asinan Betawi / Jakarta Enak dan Gurih - di negara bagian barat punya salad, di Indonesia punya pecel, gado-gado, serombotan bali dan yang nikmat ni asinan. Sama-sama berbahan dasar tumpukan aneka jenis sayuran tetapi dengan rasa yang berbeda dan cirikhas masing-masing yang berlawanan pula. Kalau salad biasanya pakai mayonaise atau madu, nah kalau masakan pecel, gado-gado, serombotan dan asinan kita memakai materi saus kacang atau biasa disebut sambal kacang.

Asinan Betawi ini memiliki ciri khas yang berlawanan dengan olahan sayuran bersaus kacang kebanyakan. Rasa Asinan Betawi yang asin, pedas dan asam berpadu dengan saus kacang nan gurih menciptkan suatu keanekaan cita rasa kuliner yang memanjakan pengecap. Tak cuma sensasi lezat namun kesejukan sayuran juga dihadirkan dalam masakan ini mengenang materi-bahan yang dipergunakan yakni sayuran-sayuran yang sungguh segar.

Nikmat dan segar telah niscaya terjamin, kemudian bagaimana dengan gizinya? Para bunda dan pecinta masakan tak perlu ragu-ragu, alasannya semua sayuran yang digunakan dalam Asinan Betawi ini sudah tentu mempunyai kandungan gizi yang tak coba-coba. Lihat saja kandungan gizi yang terdapat pada kol, wortel, tauge dan selada ini terdiri dari  folat, omega-3, zinc, natrium, protein, karbohidrat, kalsium, vitamin A,C, B1, E, K, asam folat dan kalium.

Folat ialah komponen gizi yang mungkin tak banyak orang mengetahuinya, tetapi ternyata folat berfaedah sekali bagi kemajuan janin, tahap bikinan sel darah merah dan mengembangkan kerja otak menjadi maksimal. Kemudian omega-3 yang kita ketahui banyak terdapat pada ikan maritim, ternyata juga ditemukan pada sayuran kol yang memiliki kegunaan meminimalisir depresi dan anti koagulan. Sedangkan zinc berperan dalam memproteksi selaput sel dari terjadinya kerusakan-kerusakan. Natrium berperan dalam mempertahankan kestabilan kadar garam dalam tubuh. Lalu protein mendatangkan faedah mirip pada proses kesembuhan jaringan yang luka, pembangunan sistim imunitas badan dan membantu kerja hormon dalam badan. Karbohidrat dalam wortel dapat menunjukkan rasa kenyang pada perut setelah makan.

Kalsium pada wortel mampu menghipnotis keseimbangan cairan badan, tingkat asam pada darah dan mencegah timbulnya pengeroposan tulang. sebagaimana kita pahami sejak dahulu bahwa sanya vitamin A sangat baik bagi kesehatan mata khususnya dalam mensugesti bikinan pigmen mata. Pencernaan yang tanpa gangguan dipengaruhi adanya vitamin B1 yang disantap oleh badan kita. Kesegaran kulit dan mencegah penuaan ialah peran utama dari vitamin E. Kekuarangan vitamin K dalam tubuh dapat mengakibatkan risiko terjadinya pendarahan pada otak khususnya pada bayi. Bagaimana dengan asam folat? asam folat terbukti ampuh memajukan kesehatan pada ibu yang tengah mengandung dan baik bagi perbaikan DNA. Sedangkan kalium berkhasiat penting bagi keseimbangan gula darah dan menghindarkan dari risiko stres.

Kesimpulannya ialah bahwa masakan yang sederhana sekalipun dapat mendatangkan begitu banyak manfaat plus dengan modal yang tidak mahal. Makara mulailah untuk memberi ruang pada kuliner nusantara di meja makan, sebab kita punya budaya kuliner sendiri yang tak jauh hebatnya dengan kuliner luar negeri. Lalu bagaimana dengan anda? anda ingin coba resep Asinan Betawi ini? ingin tahu cara menciptakan Asinan Betawi? Pelajari selengkapnya di bawah ini.

Resep Membuat Asinan Betawi / Jakarta Enak dan Gurih

A) Bahan Membuat Asinan Betawi
    - Tauge ( 200 gram )
    - Daun selada ( 400 gram )
    - Kol ( 400 gram )
    - Wortel ( 400 gram )
    - Kacang tanah goreng ( 50 gram )
    - Ebi goreng ( 25 gram )
    - Kerupuk mi secukupnya
    - Air matang ( 400 ml )

B) Bumbu Membuat Asinan Betawi
    - Cabai merah besar ( 11 buah )
    - Cuka ( 2 sendok teh )
    - Garam dan penyedap rasa seperlunya
    - Gula pasir ( 150 gram )

C) Cara Memasak Asinan Betawi

  1. Cuci dampai bersih semua sayuran kemudian tiriskan.
  2. Untuk kol harus dipotong halus dan untuk wortel mesti diserut kasar.
  3. Haluskan 6 buah cabai merah, dengan garam dan gula pasir sampai sungguh-sungguh halus. Lalu letakan dalam bejana dan tambahkan 200 ml air matang dan cuka. Aduk rata.
  4. Masukan irisan kol, wortel dan tauge ke dalam ember tadi, dan rendam sayuran bareng larutan cabe dan cuka selama 15 menit. Untuk daun selada tak perlu ikut direndam.
  5. Sambil menunggu sayurannya direndam, buatlah saus dengan menghaluskan kacang tanah, udang kering goreng, 5 cabe merah besar, gula pasir, penyedap rasa, dan garam seperlunya hingga benar-benar halus.
  6. Setelah halus, letakkan kacang tanah yang sudah dihaluskan tadi di dalam baskom, lalu tuangi 200 ml air matang. Aduk rata sampai tercampur tepat.
  7. Kemudian sesudah sayurannya direndam selama 15 menit, angkat dan tiriskan.
  8. Letakkan daun selada pada dasar piring, lalu tata wortel, kol dan tauge diatasnya. Siram dengan saus kacang dan tambahkan kerupuk mi di atasnya.
  9. Asinan Betawi siap dihidangkan dan dimakan.

Resep Cara Membuat Asinan Betawi / Jakarta Enak dan Gurih

Sumber https://kulinerkan.blogspot.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama