Apis Legit Tikar Roll (Variation Of Indonesian Thousand Layers Cake)

http://www.youtube.com/watch?v=OcJfbXAJ7RUendofvid[starttext]

 kocok mentega dan margarin hingga mengembang dan putih apis Legit Tikar Roll (Variation of Indonesian Thousand Layers Cake)

ADONAN A

Bahan I:

  • 280 gram (14 butir) kuning telur 160 gram gula bubuk 1/4 sdt vanili bubuk

Bahan II;

  • 100 gram mentega 100 gram margarin
  • sedikit pewarna kuning telur

Bahan III (campur dan ayak):

  • 10 gram tepung terigu protein rendah, misal kunci (saya pake tepung terigu biasa – all purpose, 2 sdm)
  • 5 gram susu abu (saya pake susu bubuk skim, 1 sdm)

Bahan IV:

  • 2 sdm susu kental manis, untuk olesan (kok saya kurang yah kalo cuman 2 sdm? dasar amatir sih hehe)

ADONAN B:
Bahan I:

  • 200 gram (12 butir) kuning telur 125 gram gula bubuk
  • 1/4 sdt vanili debu

Bahan II:

  • 90 gram mentega 70 gram margarin
  • sedikit pewarna kuning telur

Bahan III (campur dan ayak):

  • 6 gram tepung rerigu protein rendah, misal kunci (pake tepung all purpose biasa, 1 sdm+1sdt)
  • 6 gram susu abu (susu skim 1 sdm+1 sdt)

CARA MEMBUAT:

  • Adonan A – Bahan II: kocok mentega dan margarin hingga mengembang dan putih. Tambahkan sedikit pewarna, kocok kembali hingga rata. Sisihkan.
  • Kocok bahan I menjadi satu sampai mengembang dan kental. Masukkan bahan II sambil dikocok sampai tercampur rata. Tambahkan bahan III ke dalam gabungan relur dan mentega sambil diaduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Bagi adonan menjadi 2 bab, satu bagian campur dengan 1 sdm cokelat pasta (aku pake pasta Coffee Mocca) dan satu bab lagi biarkan kuning.
  • Alasi loyang ukuran 24 x 10 T 6 cm (punya aku loaf pan ukuran 18×12x6) dengan kertas roti. Tuangkan 1 sendok sayur adonan kuning, ratakan. Panggang dengan api bawah dengan suhu 170°C selama 10 menit sampai matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, matikan api bawah lalu nyalakan api atas.
  • Tekan-tekan gabungan dengan alat khusus (aku pake spatula atau mampu juga pakai sutil untuk menggoreng) tuang kembali 1 sendok sayur gabungan cokelat di atasnya, ratakan. Panggang kembali dengan api atas dengan suhu 170′C selama 10 menit (hati2 dengan panas api atas, punya saya 5 menit dah super gelap, lebih dari itu pasti gosong) hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan.
  • Terakhir matikan api atas, lalu nyalakan kembali api bawah. Panggang kembali selama 10 menit sampai betul-betul matang. Angkat dan biarkan cuek. (Disini agak kurang terperinci; Ny. Liem hanya menyebut 2 langkah diatas; 1 kuning dan 1 coklat, sedangkan campuran niscaya berlebih bila cuman 1 sendok sayur. Jadinya saya jadinya mampu buat 1 kuning, 1 coklat, 1 kuning kembali, dan 1 coklat lagi. Dikarenakan oven saya 5 menit dah super gelap, karenanya pada langkah akhir api bawah, supaya menentukan kudapan manis matang, saya panggang selama 20 menit setidaknya)
  • Iris-iris menjadi 12 bab dengan ketebalan 1/2 cm. Susun secara bertentangan dengan susu kental bagus sehingga membentuk acuan mirip tikar. Sisihkan.
  • Adonan B – Bahan II: kocok mentega dan margarin sampai mengembang dan putih. Tambahkan sedikit pewarna, kocok kembali sampai rata. Sisihkan.
  • Kocok materi I menjadi satu sampai mengembang dan kental. Masukkan bahan II sambil dikocok hingga tercampur rata. Tambahkan materi III ke dalam adonan telur dan mentega sambil diaduk perlahan dengan spatula sampai tercampur rata.
  • Alasi 2 loyang ukuran 24 x 24 T 2 cm dengan kertas roti (punya saya 20×29, *sigh* repot kalo ga punya loyang mirip di buku-buku resep hihihihi). Tuangkan 1 sendok sayur campuran, ratakan.
  • Panggang dengan api bawah dengan suhu 170°C selama 10 menir sampai matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, matikan api bawah lalu nyalakan api atas.
  • Tekan-tekan adonan dengan alat khusus, tuang kembali 1 sendok sayur campuran di atasnya, ratakan.
  • Panggang kembali dengan api atas dengan suhu 170°C selama 10 menit (hati2 panas oven Anda) hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Lakukan hal yang sama untuk loyang yang selanjutnya (masing-masirig 2 lapis).
  • Terakhir matikan api atas, kemudian nyalakan kembali api bawah. Panggang kembali selama 10 menit sampai betul-betul matang. Angkat dan biarkan hambar. (Untungnya jadi 2 roll kue! Roll pertama aku ikutin isyarat buku supaya kue masbodoh gres aku lanjutkan ke langkah dibawah; balasannya? RETAK! Makara roll yang ke-2, begitu matang, aku balik di parchment paper, pribadi saya olesi dengan susu kental cantik dan taruh lapisan tikar, gulung, dinginkan gres di iris)
  • Lapisi adonan A dengan materi B yang sudah diolesi dengan susu kental bagus, diamkan. Potong-potong.



[endtext]
Sumber https://video-masakan.blogspot.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama