[Resep] Cara Membuat Ayam Panggang Gardenia Manado Gurihhh

Resep Cara Membuat Ayam Panggang Gardenia Manado Gurih - Ragam olahan daging ayam di Indonesia memang sungguh banyak dan salah satunya ialah ayam bakar. Ayam bakar atau ayam panggang merupakan bentuk olahan daging ayam yang melewati proses pembubuan dan pembakaran dengan bara api pada suhu tertentu. Proses pembubuan pun ada yang melalui tahap perendaman dan ada pula yang harus dengan proses perebusan.

Ayam bakar atau panggang ini pun masih banyak ragamnya. Keragaman ini pun diputuskan dengan asal daerah dan keanekaragaman bumbu yang digunakan. Kita ambil pola seperti Ayam Cincane dari Kalimantan Timur dan Ayam Apik dari Sumatera Barat. Pada dasarnya kedua menu tersebut yakni sama-sama berbentukayam bakar atau panggang cuma terdapat perbedaan pembumbuan, dimana Ayam Apik sesuai ciri khas Sumatera Barat memanfaatkan kunyit dan daun kunyit, sedangkan Ayam Cincane tidak menggunakannya.Tetapi jika berbicara duduk perkara rasa, keduanya memang sangat elegan.

 Ragam olahan daging ayam di Indonesia memang sangat banyak dan salah satunya adalah ayam  [Resep] Cara Membuat Ayam Panggang Gardenia Manado GurihhhSelanjutnya di Indonesia juga masih ada satu lagi hidangan ayam bakar atau panggang yang khas dari tempat, yaitu Ayam Panggang Gardenia dan ialah sajian kuliner ciri khas kota Manado, Sulawesi Utara. Menu kuliner ini mempunyai rasa yang gurih dan cantik, dan biasanya disuguhkan dengan Sambal Lompa yang tidak kita temui di ayam bakar atau panggang kebanyakan.Penasaran bagaimana cara membuat Ayam Panggang Gardeni? Sabar sejenak kita ulas sedikit dulu perihal sambalnya.

Sambal Lompa  ini yang dibuat dari ikan Lompa yang cuma mampu dijumpai di perairan Manado dan Haruku. Ikan Lompa ialah ikan yang berhabitat di air asin dan masuk ke dalam jenis ikan kecil. Ikan Lompa digoreng terlebih dulu barulah kemudian dicampurkan dengan bumbu-bumbu yang lain dan jadilah sambal. Meski nama ikan ini jarang terdengar namun daging ikan ini mempunyai rasa yang gurih dan renyah diseluruh bab tubuhnya seperti ikan teri, hanya saja dagingnya lebih tebal. Selain itu Ikan Lompa kaya akan beta karothen yang baik bagi kesehatan mata.

Sudah kian tidak sabar rupanya ya bunda? okeh-okeh ini dia resep Ayam Panggang Gardeni Manado.

Resep Ayam Panggang Gardenia Manado Gurih

A) Bahan
    - Ayam utuh segar ( 1 ekor )
    - Ikan Lompa goreng ( 25 gram )
    - Minyak goreng untuk menumis seperlunya


B) Bumbu
    1. Ayam Panggang
      
       - Bawang putih ( 5 siung )
       - Bawang merah ( 10 siung )
       - Jinten ( 1/4 sendok teh )
       - Ketumbar butiran ( 1 sendok makan )
       - Air asam jawa ( 100 ml )
       - Kecap manis ( 5 sendok makan )
       - Garam dan penyedap rasa secukupnya

    2. Sambal Lompa
   
       - Cabai merah segar ( 5 buah )
       - Cabai rawit merah segar ( 7 buah )
       - Tomat merah segar ( 1 buah )
       - Air jeruk nipis ( 1 sendok teh )
       - Gula pasir ( 1 sendok makan )
       - Garam dan penyedap rasa seperlunya

C) Cara Memasak
1. Ayam Panggang

- Belah ayam menjadi dua bagian, bersihkan, cuci sampai bersih. Tiriskan

- Panggang daging ayam tadi hingga kekuningan atau 3/4 matang. Angkat. Sisihkan.

- Haluskan bawang putih, bawang merah, jinten, ketumbar, garam dan penyedap rasa hingga sungguh-sungguh halus. Kemudian campurkan dengan air asam jawa dan kecap cantik.

- Ambil cuilan daging ayam yang sudah dipanggang 3/4 matang tadi dan letakkan dalam bejana. Tusuk-tusuklah daging ayam menggunakan garpu di seluruh bagian daging.

- Tuangkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam ember daging ayam, lumurkan ke seluruh bagian daging ayam sambil ditekan-tekan perlahan supaya bumbu-bumbunya dapat meresap ke dalam. Lalu diamkan selama 45 menit.

- Setelah 45 menit, panggang kembali daging ayam yang sudah dibumbui tadi diatas panggangan atau bara api hingga matang tepat.

2. Sambal Lompa

- Haluskan ikan lompa goreng bersama cbai merah segar,tomat,cabe rawit, garam dan penyedap rasa sampai betul-betul halus. Lalu tambahkan air jeruk nipis.

- Panaskan 3 sendok minyak goreng, tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi sampai matang dan cbai layu. Angkat. Tuang dalam mangkuk sambal.

3. Cara Penyajian

- Taruh daging ayam panggang di atas piring saji, dan hidangkan bareng Sambal Lompa.

Sekian artikel wacana Resep Ayam Panggang Gardenia Manado Gurih, supaya berfaedah untuk anda

Sumber https://kulinerkan.blogspot.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama