[Resep Khusus] Cara Menciptakan Soto Lamongan Gurih Nikmat

Resep Cara Membuat Soto Lamongan Gurih Nikmat - Halou bunda...Lama nih gak belajar masak bersamalagi. Pasti bunda kangen kan dengan saya...heheheheh GR. Kali ini hidangan kuliner nusantara terlebih ya yang akan kita diskusikan? Emmm mungkin kita memulai dengan masakan berkuah, segar, pedas, dan cocok untuk segala suasana. Berkuah, segar dan pedas mampu kita ambil dari hidangan kelas Soto, Sop, atau Lodeh. Hayoo mau pilih yang mana? Tik tok tik tok tampaknya hidangan Soto ya bunda yang paling nempel dikepala.

 Kali ini menu masakan nusantara apalagi ya yang mau kita bahas [Resep Khusus] Cara Membuat Soto Lamongan Gurih NikmatBaik membicarakan dilema ihwal Soto niscaya kan terbayang beragam jenis soto yang sering kita makan, lihat dan pernah kita dengar. Dari bermacam-macam materi dasar yang dipakai mulai dari ayam, kikil, tebas, daging, dan berbagai jeroan. Sedangkan dari jenis kuahnya ada yang berkuah bening, berkuah santan, dan berkuah coklat tauco. Makin bingung kan mau milih jenis Soto apa? Hehehe.

Pada penulisan yang lalu penulis sudah mengetengahkan aneka macam macam soto kepada para bunda dan pecinta masakan, namun masih ada satu lagi ni yang kurang, apa itu? Soto Lamongan! Siapa sih yang gak pernah dengar nama kuliner itu, jenis soto yang lezat dan juga menyegarkan pengecap. Nah alasannya adalah itu juga penulis akan mencoba membicarakan wacana resep Soto Lamongan.

Dari namanya saja kita pasti tahu niscaya bahwa kuliner tersebut berasal dari Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Beda kawasan pastinya beda ciri khasnya, mirip halnya masakan ini. Soto dengan berkuah bening, berbahan dasar ayam, telur, tauge, kol dan soun ini memiliki kekhasan berupa bumbu berupa bubuk berwarna putih, dan kadang ibarat parutan kelapa yang biasa disebt dengan Koya. Ketika disajikan, bumbu ini akan ditaburkan begitu saja diatas soto, nah saat hendak makan diaduklah bersama soto, dan rasakan sendiri kenikmatannya. Unik bukan? Terkadang kuliner ini juga dikombinasikan dengan materi dasar selain ayam, misalkan saja kikil, daging atau babat.

Segar dan yummy tak lengkap jikalau tidak diikuti dengan gizi yang sepadan. Begitu pula dengan masakan soto ini yang ternyata tak hanya lezat namun juga kaya akan segudang gizi. Sebut saja mirip protein, lemak, karbohidrat, omega-3, kalsium, fosfor, natrium, vitamin B kompleks dan zat besi. Dan semua unsur gizi tersebut dapat kita dapatkan pada lima bahan dasar soto yakni telur,ayam, tauge, kol dan soun. Semua unsur gizi tersebut juga sangat dibutuhkan oleh tubuh kita semoga menunjang daya tahan serta kesehatan tubuh sehingga mampu melakukan berbagai macam kegiatan.

Ayuk terus disimak ya resepnya dibawah ini agar para bunda dan pecinta kuliner tidak mengajukan pertanyaan-tanya lagi bagaimana sih cara membuat Soto Lamongan. Sip!

Resep Soto Lamongan Gurih Nikmat

A) Bahan
    - Daging ayam segar ( 700 gram )
    - Telur ayam rebus ( 4 butir )
    - Kol segar ( 60 gram )
    - Soun ( 40 gram )
    - Tauge segar ( 200 gram )
    - Air matang ( 2 liter)
    - Daun bawang ( 2 batang )
    - Krupuk putih siap makan ( 6 buah )
    - Bawang putih goreng siap pakai seperlunya
    - Minyak goreng
   
B) Bumbu
    - Bawang merah ( 10 siung )
    - Bawang putih ( 4 siung )
    - KUnyit ( 2 ruas jari )
    - Lengkuas ( 2 ruas jari )
    - Jahe ( 2 ruas jari )
    - Serai ( 3 batang )
    - Cengkeh ( 2 butir )
    - Merica butir ( 2 sendok teh )
    - Ketumbar sangrai ( 1,5 sendok makan )
    - Air jeruk nipis ( 1 sendok makan )
    - Kemiri sangrai ( 5 butir )
    - Garam dan penyedap rasa seperlunya


C) Cara Memasak
1. Pengolahan Soto

- Potong ayam menjadi beberapa bagian dan cuci sampai bersih kemudian tiriskan.

- Sebelum dilakukan perebusan utama, daging ayam kita rebus apalagi dulu dengan air mendidih hingga 5 menit kemudian angkat dan buang air rebusannya lalu tiriskan. Fungsinya perebusan ini ialah untuk menghilangkan segala kotoran dan bakteri yang mungkin masih melekat pada permukaan daging ayam.

- Memarkan lengkuas dan batang serai.

- Didihkan 2 liter air matang, lalu masukkan daging ayam tadi bersama, cengkeh, lengkuas, serai, dan sedikit garam, rebus sampai daging menjadi empuk dan lunak. Masak dengan api kecil.

- Setelah daging ayam sudah empuk dan lunak, serta air rebusan ( kaldu ) sudah berminyak, maka segera angkat daging ayam dan tiriskan. Tetapi jangan buang air rebusannya.

- Rebus kembali air rebusannya tadi dengan api kecil.

- Panaskan minyak goreng, kemudian goreng cuilan daging ayam tadi hingga kering. Angkat dan tiriskan.

- Kemudian daging ayam yang telah digoreng tadi disuwi-suwir tipis semua. Sisihkan.

- Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, ketumbar, kemiri, garam dan penyedap rasa hingga sungguh-sungguh halus.

- Panaskan minyak goreng untuk menumis, lalu tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai harum dan matang. Angkat.

- Masukan tumisan bumbu tadi ke dalam rebusan air kaldu, kemudian tambahkan air jeruk nipis, aduk rata. Rebus hingga aroma bumbu hilang.

- Sambil menanti rebusan air kaldu, kita seduh terlebih dahulu soun dan tauge sejenak dengan air panas pada wadah yang terpisah. Setelah soun agak lembek secepatnya angkat dan tiriskan. Untuk tauge cukup 3 menit saja diseduhnya.

- Potong-potong kol menjadi tipis-tipis kemudian basuh sampai bersih dan tiriskan.

- Kupas telur rebus, kemudian belah menjadi beberapa bab.

- Iris-iris tipis daun bawang. Sisihkan.

- Angkat rebusan air kaldu. Matikan api.


2. Pembuatan Bumbu Koya

- Terlebih dulu siapkan alat penggiling atau mampu juga menggunakan tumbuk batu.

- Remas-remas kerupuk putih hingga menjadi kecil-kecil.

- Masukan remasan kerupuk ke dalam gilingan, tambahkan bawang putih goreng dan garam. Giling sampai halus tanpa menggunakan air. Giling sampai menjadi abu nan halus. Sisihkan.


3.Penyajian

- Siapkan 5 mangkuk sup.

- Tata suwiran ayam ke dalam mangkuk. Tambahkan tauge, irisan daun bawang, soun dan irisan kol diatasnya.

- Siram dengan kuah soto, tambahkan penggalan telur rebus di atasnya, lalu taburi dengan abu koya dan bawang putih.

- Hidangkan bersama sambel, kecap anggun dan irisan jeruk nipis.

Sekian dulu ya bunda resep ihwal Resep Cara Membuat Soto Lamongan Gurih Nikmat dari Kulinerkan.blogspot.com , agar bermanfaat bunda :) 

Sumber https://kulinerkan.blogspot.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama