14 Rekreasi Kuliner Khas Malang [Makan Lezat Di Malang]

Liburan paling fresh yang salah satunya di Malang, ini ia salah satu kota tujuan wisata favorit di Jawa Timur, sambil wisata ke malang, belum lengkap bila belum ngrasain nikmatnya kuliner enak. Anda selama ini mungkin dekat dengan istilah Malang Kota Apel, kini saatnya saya mengajak anda mengenal Malang lebih hangat lagi.

Kota Malang tidak cuma tentang apel. Kota dengan sajian alam yang sejuk ini mempunyai banyak sekali kuliner masakan yummy yang ciamik banget di ekspresi, bahasanya ni " Digigit malah ganti Nggigit". Berencana kuliner di malang? Kantongi ni 14 rekreasi kuliner di Malang yang paling Nggigit:

14 Wisata Kuliner Khas Malang [Makan Enak di Malang] - Part 1


1. Soto & Bakso Geprak Mbah Djo Khas Malang
Kelezatan Soto Geprak Mbah Djo telah dikenal sejak tahun 1935. Tempat rekreasi kuliner yang didominasi warna kuning dan hijau ini tak hanya menawarkan soto, namun juga beberapa menu lainnya mirip bakso, ayam dan bebek goreng.

Jika dilihat dari tempatnya, Soto Geprak Mbah Djo tak berbeda dari depot masakan lainnya. Anda akan melihat meja panjang khas depot dengan dingklik-kursi berderet. Meskipun demikian, kelezatan kuliner ala rumah makan yang berlokasi di Jalan Letjen S. Parman ini bisa diadu dengan apa yang disuguhkan di restoran mahal.

Nama geprak sendiri berasal dari teknik pembuatan daging sebelum dimasak. Mbah Djo umummenggeprak atau merusak daging dengan cara memukulnya hingga halus dan empuk. Ini juga yang membuat soto dan bakso di sini mempunyai rasa yang khas dan tak akan mampu Anda peroleh di kawasan lain.
Lokasi: Jalan Letjen S Parman No 77-79, Malang, Jawa Timur, IndonesiaContact: +62 341 7014850Harga: Berkisar antara Rp 5.500 hingga Rp 13.000

2. Toko Oen Khas Malang
Udara Malang yang sejuk cenderung dingin tak menjadi penghalang untuk menikmati es krim yummy ala Toko Oen. Berlokasi di Jalan Basuki Rahmad, Toko Oen menghidangkan es krim berbagai rasa dan menu yang lain mirip steak, nasi goreng juga aneka kudapan manis.

Tempat rekreasi masakan yang satu ini telah bangun sejak tahun 1930 dan menjadi tempat nongkrong favorit Belanda dikala itu. Kesan vintage masih bisa Anda saksikan dari arsitektur bangunan dan desain interior Toko Oen. Pintu dan jendela berkaca besar, meja dan kursi rotan serta koleksi piano bau tanah akan menenteng Anda menjelalah kurun lalu ditemani semangkok es krim creamy.

Toko Oen menjadi salah satu daerah makan di Malang yang wajib dikunjungi. Bahkan terdapat istilah yang mengatakan, jangan bilang telah tiba ke Malang kalau belum mencicipi es krim ala Toko Oen.
Lokasi:  Jl. Jend. Basuki Rahmat No.5, MalangContact: (0341) 364052Harga:

3. Bakso President Khas Malang
Bakso telah lama menjadi masakan khas kota Malang. Meskipun bakso dapat dengan mudah dijumpai di kota lain, namun menikmati kuliner ini d kota asalnya tentu saja mempunyai sensasi tersendiri. Sebelum karenanya berlokasi di Jalan Batanghari, bakso ini dijajakan dengan cara dipikul berkeliling.

Mengapa namanya Bakso President? Lokasi yang sekarang dipakai untuk membuka rumah makan, berada di belakang Bioskop President yang kini ini sudah beralih fungsi menjadi sebuah pusat perbelanjaan. Satu lagi yang unik dari tempat wisata kuliner ini adalah Anda bisa menikmati bakso di atas meja bergetar. Karena berada sempurna di tepi rel kereta api, setiap kali ada kereta melalui, meja kawasan bakso Anda akan bergetar.

Selain bisa menikmati bakso di kawasan, Anda juga mampu berbelanja oleh-oleh di sini. Bakso President menawarkan buah tangan khas berbentukkeripik bakso yang garing dan lezat.
Lokasi: Jl. Letnan Jendral Sutoyo No. 55, MalangContact: (0341) 496746Harga:

14 Wisata Kuliner Khas Malang [Makan Enak di Malang] - Part 2


4. Café Jagung Jaya Abadi Malang
Dinginnya Malang di malam hari dapat diredam dengan menikmati jagung bakar panas di Café Jagung Jaya Abadi. Tempat wisata kulliner yang berlokasi di Jalan Pulosari ini menyediakan jagung bakar aneka macam rasa mirip anggun, pedas, keju, barbeque, asin dan coklat keju. Anda juga mampu memilih ingin jagung disuguhkan dengan cara diserut apalagi dulu atau disantap dengan cara digigit langsung.

Selain jagung bakar, café ini juga memperlihatkan hidangan lain mirip roti bakar dan pisang goreng. Untuk minuman, tersedia teh hangat, susu murni dan Susu Telur Madu Jahe (STMJ). Café Jagung Jaya Abadi buka setiap hari mulai pukul 5 sore sampai habis.
Menu Andalan: jagung bakar (Rp. 3.500), pisang bakar (Rp. 5.000) & roti bakar (Rp. 5.000 – Rp. 7.000)Jam Buka: 17.00 – 23.00Alamat Lokasi: jl. Pulosari Malang

5. Warung Ronde Titoni Khas Malang
Selain jagung bakar, Anda juga bisa menghangatkan badan dengan meminum wedang ronde. Salah satu daerah yang menawarkan wedang ini ialah Warung Ronde Titoni. Telah diketahui sejak tahun 1948, kawasan rekreasi kuliner ini menjadi tujuan favorit bagi warga Malang mencari minuman hangat di malam hari.

Berlokasi di Jalan Zainal Arifin, warung ini menyediakan sajian-sajian yang cocok dimakan di tengah dinginnya udara Malang, di antaranya wedang ronde, angsle, cakue, kacang kuah dan roti goreng. Selain ronde, Anda juga petut mencicipi angsle. Berbeda dengan ronde yang memakai air jahe, kuah dari angsle dibuat dari santan. Angsle berisi kacang hijau rebus, penggalan roti tawar, pacar cina, pethulo dan kacang tanah sangrai. Angsle mempunyai rasa cantik gurih dengan aroma daun pandan dan vanili.

Lokasi: Naik angkot jalur GL atau MK, turun di persimpangan Jl. Merdeka Timur –  Jl. Medeka Selatan – Jl. Sw Pranoto –  Jl. KH Agus Salim dan berlangsung kearah Jl. KH Agus Salim hingga persimpangan, kemudian belok di Jl. Zainal Arifin


6. Rumah Makan Cairo Malang
Malang ternyata memiliki daerah wisata kuliner bercitarasa Timur Tengah. Rumah Makan Cairo menyuguhkan berbagai olahan daging kambing, mulai dari sate, gule, nasi kebuli sampai krengsengan. Selain itu, terdapat juga hidangan suplemen lain mirip roti maryam dan martabak.

Rumah makan ini sudah dikenal semenjak tahun 1953. Berlokasi di Jalan Kapten Tendean 1, olahan daging kambingnya banyak diminati karena memiliki tekstur yang lembut, rasanya gurih dan tidak wangi apek. Jika berada di sini, jangan lupa memesan susu kambing Etawa yang konon baik untuk kesehatan. Rumah Makan Cairo buka saban hari mulai pukul 8 pagi sampai 10 malam.
Lokasi: Contact: Harga:

7. Pecel Kawi Khas Malang
Pecel ialah salah satu kuliner yang tepat dimakan untuk sarapan di pagi hari. Berada di Malang, jangan lupa menikmati sarapan yummy di Pecel Kawi yang beralamat di Jalan Kawi Atas No. 43B. Pecel di sini sudah menjadi langganan banyak wisatawan sejak tahun 1979. Bumbu pecelnya diketahui mempunyai rasa yang khas, bagus dan gurihnya berada dalam dosis yang pas.

Menemani santap pagi Anda, tersedia jamu beras kencur yang selain segar juga berkhasiat bagi kesehatan Anda. Tak hanya pecel, di sini juga tersedia nasi rawon, soto, lodeh dan campur. Jika ingin menenteng bumbu pecel atau rempeyek sebagai oleh-oleh, Anda juga bisa membelinya di sini.
Lokasi: Contact: Harga:

8. Bubur Ayam Agus Khas Malang
Bubur ayam yang terletak di Ruko Simpang Wilis No. 4 Malang ini menawarkan citarasa bubur ayam yang Istimewa.

Sajian bubur nan lembut dengan citarasa yang begitu gurih akan siap memanjakan lidah Anda.

Di tempat kuliner Malang ini juga tersedia nasi bakmoy, pangsit mie, lumpia, dan aneka penganan mempesona lainnya.
Lokasi: Contact: Harga:

14 Wisata Kuliner Khas Malang [Makan Enak di Malang] - Part 3


9. Depot Hok Lay Malang
Berada di Malang namun ingin menikmati lumpia khas Semarang? Datang saja ke Depot Hok Lay. Tempat rekreasi masakan yang berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan ini semenjak 1946 telah menghidangkan lumpia khas Semarang dan juga pangsit cwiemie enak.

Kesan kuno terlihat dari arsitektur bagunan dan perabot yang ada di sini mirip jendela kaca besar, lantai tegel antik dan juga meja-kursi kayu.

Jika berada di sini, jangan lupa memesan minuman fosco yang legendaris sekaligus menjadi trademark dari depot ini. Fosco ialah minuman yang disuguhkan masbodoh dan terbuat dari susu murni dan coklat. Uniknya, fosco ini dibungkus dalam botol beling Coca Cola bekas. Fosco dibuat dengan resep orisinil Belanda dan merupakan minuman favorit sejak zaman dahulu.
Lokasi: Contact: Harga:

10. Pos Ketan Legenda 1967 Malang
Ingin rekreasi kuliner malam hari di Malang? Coba mampir di tempat alun-alun Batu. Di sebelah barat alun-alun, tepatnya di Jalan KH Agus Salim, terdapat suatu kawasan rekreasi kuliner yang tak pernah sepi pembeli, namanya Pos Ketan Legenda 1967.

Sesuai namanya, daerah ini menyediakan hidangan olahan berbahan dasar ketan. Siapa sangka kuliner ‘ndeso’ ini bisa jadi favorit banyak orang dan sangat digemari. Ketan dihidangkan dengan bermacam topping, mulai dari coklat susu, susu keju, bubuk kedelai hingga ayam suwir. Yang paling banyak dicari yaitu ketan durian, dibuktikan dengan cepatnya varian ini habis terjual cuma dalam waktu berjam-jam saja.

Pos Ketan buka setiap hari mulai pukul 3 sore hingga 3 pagi.
Lokasi: Contact: Harga:

11. Mie Iblis Khas Malang
Kuliner Malang yang satu ini tergolong salah satu objek masakan yang termasuk gres di Malang. Namun, kedai mie yang terletak di Jl. Kol. Sugiono No. 122 Malang ini menawarkan menu mie dengan citarasa pedas yang sungguh lezat.

Bagi Anda penyuka rasa pedas, jangan lewatkan daerah masakan Malang ini.

Mengambil nama Mie Iblis, kata IBLIS di sini adalah akronim dari “Ini Baru Lezat dan spesial”.
Lokasi: Contact: Harga:

14 Wisata Kuliner Khas Malang [Makan Enak di Malang] - Part 4


12. STMJ Glintung Khas Malang
Jajanan kuliner Malang yang satu ini juga yakni tempat yang disukai banyak kelompok muda sebagai kawasan nongkrong yang menarik.

Di STMJ Glintung, Anda dapat memesan roti bakar dan pisang bakar hingga minuman STMJ (Susu Telor Madu Jahe) yang nikmat dan menghangatkan badan.

Anda mampu menjumpai STMJ Glintung di Jl. Letnan jendral S Parman No. 114 A Blimbing, jangan lewatkan untuk singgah di kawasan ini sebagai kawasan bermalas-malasan Anda bersama sahabat.
Lokasi: Contact: Harga:

13. Pia Mangkok Malang
Terletak di Jl. Semeru No. 25 Malang, Anda dapat membeli dan memakan kuliner khas Malang yang satu ini. Makanan Pia Mangkok Malang mampu dibilang tidak berbeda jauh dengan bakpia Pathok di Jogja.

Oleh kesudahannya, Pia Mangkok ini menjadi salah satu buah tangan khas Malang yang senantiasa dicari para wisatawan yang berkunjung di Malang.

Pia Mangkok ini terasa lembut di pengecap, terasa renyah. Citarasa favorit Pia Mangkok ini ada pada rasa kacang hijau. Namun, Anda dapat menikmati aneka rasa lainnya, baik rasa cokelat, kopi, durian, keju, sampai rasa tangwe.
Lokasi: Contact: Harga:

14. Surabi Gendud Khas Malang
Terletak di Jln. Mayjen Panjaitan 205 Malang, tak jauh dari kampus Universitas Brawijaya, Anda mampu menjumpai kedai surabi yang satu ini.

Ukuran surabi yang disediakan memang lebih besar ukurannya daripada surabi lainnya kebanyakan.

Dengan harga surabi yang termasuk murah, Anda mampu menyertakan aneka citarasa pada surabi tersebut, misalnya topping durian.

Tersedia juga aneka minuman yang mampu Anda nikmati di sana.
Lokasi: Contact: Harga:
Sumber https://kulinerkan.blogspot.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama